HEADER JI

JI

5/recent/ticker-posts

Upacara Tawur Balik Sumpah di Pura Puseh Desa Adat Yehembang Terapkan Prokes Ketat



Jurnal Investigasi, Jembrana - Desa Adat Yehembang, Kecamatan Mendoyo Kabupaten Jembrana, hari ini  menggelar Pecaruan di Catus Pata, tawur balik sumpah dan Yama Raja, Upacara ini merupakan serangkaian upacara Dudonan karya padudusan agung, Pujawali, mupuk pedagingan, ngusaba Desa Dan Ngusaba Nini, Pura Puseh Desa Adat Yehembang pada Wrespati Kliwon Kamis (21/10).


Upacara tawur balik sumpah dipuput oleh tiga sulinggih (Trisadaka), sebelum dilaksanakan Tawur balik sumpah terlebih dahulu dilakukan upacara pecaruan Catus Pata yang di puput Oleh Ida Rsi  Bujangga.  


Sementara itu sebelumnya sudah dilaksanakan ritual Memepada (penyucian hewan yang di manfaatkan sebagai bahan tawur) hewan yang di sembelih untuk sarana tawur antara lain berupa Kerbau, sapi, kambing, ayam, anjing, angsa, babi, itik, dalam berbagai warna


Upacara tawur balik sumpah merupakan rententan Karya Mupuk Pedagingan ngusaba desa di pura puseh desa pekeraman Yehembang yang akan laksanakan pada puncak karya anggara kliwon julungwangi 26-28 oktober mendatang.





Bendesa Adat Yehembang I Gusti Ngurah Gede Aryana Saat ditemui menjelaskan dilakukan upacara pecaruan Catus Pata, dilanjutkan dengan rangkaian tawur balik sumpah yang di puput oleh Trisadaka yakni Sulinggih Siwa, Buda dan Waisnawa, pada Wraspati kliwon , Kamis (21/10), menurut Aryana.“Esensi dari upacara ini adalah pembersihan buana alit dan buana agung. Mungkin ada yang kurang berkenan secara niskala dalam kita melaksanakan karya saat ini. Serta untuk menetralisir  Desa Yehembang pada khususnya  sehingga hal negatif  bisa diubah menjadi hal yang positif. Dengan demikian, nantinya melahirkan yang terbaik, serta keharmonisan di wewidangan Desa Adat Yehembang memperoleh ketenangan, aman, dan sejahtera,” ujarnya.


Lebih lanjut menurut Aryana mengtakan kegiatan upacara ini,"kami juga menghimbau kepada masyarakat untuk selalu mematuhi prokes," pungkasnya


Nampak Krama Adat Desa  Yehembang sangat antusias dalam melaksankan rangkaian upacara tersebut dan dengan menerapkan protokol keaehatan secara ketat sesuai intruksi dari pemucuk karya dan Bedesa Adat yehembang.


(sis)



Posting Komentar

0 Komentar