HEADER JI

JI

5/recent/ticker-posts

Babinsa Dampingi Pembinaan Poktan Di Desa Bayung Gede



Jurnal Investigasi, Bangli – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Bayung Gede Koramil 04/Kintamani Pelda Nuryamin  P.M mendamping Pelatihan peningkatan SDM kelompok Tani Talemba Santi Buana, tepatnya di Banjar Bayung Gede Desa Bayung Gede Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli. Rabu ( 24/11/2021).


Pelaksanaan pelatihan peningkatan SDM Pertanian merupakan program pelatihan yang diagendakan oleh pemerintahan Desa Bayung Gede TA 2021 yang diikuti oleh Poktan Telemba Santi Buana yang diketuai oleh Sad Swadarma dan Poktan Lumbung Sari diketuai oleh Wayan Setop Eka Wijaya yang pelaksanaannya dipusatkan di sekretariat Poktan Telemba Santi Buana Br. Bayung Gede Desa Bayung Gede Kec. Kintamani.

Kegiatan yang dilaksanakan tersebut dinilai sangat penting bagi kalangan petani, baik di tingkat Dusun maupun D

Karena bermanfaat meningkatkan kemampuan setiap kelompok tani dalam menerima pembekalan dari Dinas Pertanian Kabupaten Bangli. 

Nara sumber dalam giat ini adalah Koordinator PPL Kintamani Timur bapak I Nyoman Murdiana, S.P, dan bapak Wayan Sudirta, S.P bersama PPL Bayung Gede, Belancan dan Terunyan dari PP Kecamtan Kintamani. Salah satu Narasumber I Nyoman Murdiana, S.P menjelaskan bahwa pertanian sebagai prioritas pertama dalam meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian bagi masyarakat di setiap daerah. 

Materi lainnya yg diberikan oleh Narasumber adalah Proses Pembuatan Kompos Untuk Pupuk Organik Tanaman Pertanian yg langsung dipraktekan di lapangan. Kegiatan peningkatan kapasitas SDM kelompok Tani sendiri meliputi pembekalan tentang bagaimana upaya kelompok Tani yang ada. Sehingga mampu berinovasi serta upaya meningkatkan sumber daya manusia juga pemanfaatan alat kelengkapan di sektor pertanian yang ada.

Ditempat terpisah Dandim 1626/Bangli ,Letkol Inf I Gde Putu Suwardana.S.I.P mengatakan kehadiran Babinsa sambil memantau pelaksanaan Prokes pada masa Pandemi Covid-19 terhadap setiap kegiatan yang menimbulkan orang banyak. Katanya.

"Dandim juga mengatakan pihaknya sangat mendukung kegiatan dibidang pertanian karena selain suatu negara untuk mempertahankan suatu kedaulatan melalui pertahanan militer juga melalui pertahanan suabada pangan."Pungkasnya.



(art)

Posting Komentar

0 Komentar